Perbedaan Tutor dengan Guru

Pernahkah Anda bertanya-tanya apa perbedaan antara guru dan tutor? Anda mungkin tidak terlalu memikirkannya tetapi ada perbedaan mendasar antara seorang guru dan tutor. Guru mengajar siswa di sekolah-sekolah dan ditentukan berdasarkan kualifikasi tertentu, sedangkan tutor tidak diharuskan untuk memiliki kualifikasi dalam mata pelajaran yang mereka ajarkan. Selain itu juga, kadang guru memiliki profesi ganda sebagai tutor ketika guru mengajar siswa di luar jam sekolah.

Berikut ini adalah perbedaan utama antara guru dengan tutor:

Guru

·        Guru mengajar sekelompok siswa dengan jumlah yang besar, biasanya antara 10 sampai 40 siswa. Guru diwajibkan mengajar mengikuti kurikulum standar difokuskan pada standar akademik tertentu. Kelas yang diajar oleh guru harus mencapai target yang telah ditetapkan pada standar akademik dan ini dilakukan dalam batasan waktu tertentu.
·        Seorang guru harus mencoba dan merancang sebuah metode pengajaran yang sesuai dengan seluruh siswa.
·        Guru harus memberikan materi pembelajaran yang membantu anak-anak dengan banyak gaya belajar yang berbeda.
·        Guru akan menyesuaikan kecepatan pembelajaran secara keseluruhan, jika sebagian besar siswa telah memahami informasi dari guru, maka pelajaran dapat dilanjutkan.

Tutor
·        Biasanya tutor hanya mengajar satu orang atau sekelompok kecil siswa. Tutor juga menyesuaikan pelajaran dengan gaya belajar siswa.
·        Tutor dapat menyajikan informasi dalam beberapa cara yang berbeda atau metode untuk membantu konsep pemahaman siswa.
·        Dalam proses kegiatan belajar mengajar, siswa biasanya menjadi subjek, mereka meminta bantuan dengan tugas-tugas atau tugas tertentu. Tutor membantu mendampingi siswa.
·        Tutor memperkuat apa yang telah diajarkan di kelas oleh guru.
·        Guru mengajar subjek yang telah ditentukan tetapi tutor fokus terhadap kebutuhan siswa.
·        Tutor dapat membantu siswa dengan keterampilan dan teknik yang fleksibel. Jika salah satu metode tidak berhasil mereka akan mencari metode lain.
·        Tidak semua guru yang berkualitas bisa menjadi tutor yang baik. Lingkungan kelas sangat berbeda dengan bimbingan belajar. 
·        Tutor walaupun kadang tidak memiliki kualifikasi tertentu lebih semangat dan memiliki gairah untuk mengajarkan mata pelajaran yang diajarkan.


Demikian perbedaan utama antara guru dan tutor. bagaimanapun, guru dan tutor seharusnya berperan saling melengkapi.
Tertarik les di SURPLUS Bandung? Ayo daftar... KLIK DI SINI
Hubungi Kami
LAYANAN UNTUK WA / SMS CENTER:
Setiap Hari 08.00 - 20.00
LAYANAN UNTUK CALL CENTER:
Senin - Jumat 09.00 - 16.00
Diluar jam tersebut, mohon meninggalkan pesan via SMS / WA / Chat / Email, kami akan menanggapi pesan anda secepat mungkin.
logo
SOCIAL

Surplus In-Home Tutoring | Cendekia Education Group | © Copyright